Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tangan Akbar, Limbah Kayu Berubah Jadi Jam Tangan

Kompas.com - 06/12/2016, 17:57 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Akbar Andi (28), warga Dusun Karangasem, Desa Alasmalang Kecamatan Singonjuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memanfaatkan limbah kayu untuk dijadikan jam tangan.

Produk yang dibuat Akbar dipasarkan secara online dan dikirim ke Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bali, hingga Kalimantan.

"Biasanya order dulu, baru saya buatkan. Modelnya sesuai dengan pesanan. Jika sudah setengah jadi akan kita foto dan kirim ke pemesan," kata Akbar kepada Kompas.com, Selasa (6/12/2016).

Untuk harga paling murah, Akbar menjualnya Rp 300.000 rupiah atau sesuai dengan model yang diinginkan. Semakin rumit desainnya, harganya akan semakin mahal karena semua komponen kayu yang digunakan dibuat secara manual oleh Akbar.

Akbar mendapatkan limbah kayu dari perajin kayu ada di sekitar rumahnya dengan harga murah. Kayu yang digunakan adalah kayu jati, pinus, atau sonokeling.

Kayu-kayu tersebut dipotong sesuai dengan bagian-bagian jam tangan, seperti bingkai jam dan rantai.

Untuk bingkai jam, ada yang berbentuk kotak, bulat, atau oval dengan ukuran diameter luar 4 cm dan diameter kaca 3 cm.

Adapun rantai jam dibuat dalam beberapa model yang ditawarkan dan konsumen bebas memilih.

Akbar mengaku bagian tersulit dari membuat jam tangan kayu adalah bagian rantai karena harus sejajar dan ukurannya sama. Jika sedikit saja berbeda maka dia harus mengulang kembali ke awal.

"Antara ujung dan ujung serta bagian tengah harus sama. Kalau beda sedikit ya enggak nyambung. Enggak imbang jadinya," kata Akbar.

Sebelum menekuni pekerjaan membuat jam tangan, Akbar bekerja sebagai perajin perak. Karena banyak pesaing, ia pun banting setir ke pembuatan jam tangan kayu.

Awalnya dia diminta oleh salah seorang temannya untuk membuat jam tangan kayu dan dia mempelajarinya selama hampir satu bulan.

"Semuanya saya garap manual mulai dari gergaji hingga ngebor. Satu bulan hanya satu. Sekarang satu jam tangan bisa digarap maksimal 3 hari," kata dia.

Akbar pun mengaku tetap mempertahankan warna asli kayu serta motif alami yang keluar setelah kayu diamplas.

Saat finishing, Akbar hanya mengoleskan pelapis khusus untuk kayu.

"Karena pembuatannya manual walaupun modelnya, sama tetap ada motif yang berbeda, bukan seperti buatan pabrik yang seragam semua," jelasnya.

Untuk penjualan, Akbar dibantu oleh rekannya Ilyas yang memasarkan lewat beberapa toko online.

Saat ini Akbar tengah melengkapi syarat agar produknya dapat dipasarkan di Banyuwangi Mall. Banyuwangi Mall merupakan website yang dibangun Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk menawarkan produk-produk usaha kecil menengah secara online.

(Baca juga Banyuwangi Punya Mal Online, Transaksi Puluhan Juta Rupiah dalam Tiga Jam)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com