Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ceu Popong Ingatkan Ridwan Kamil agar Tak "Terpeleset" dalam Kasus Korupsi

Kompas.com - 06/12/2016, 17:23 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Anggota Komisi X DPR RI asal Bandung, Popong Otje Djunjunan, berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (6/12/2016).

Kedatangannya tak lain untuk bersilaturahim sambil memberi beberapa petuah. Ia sempat mengingatkan Emil, sapaan Ridwan Kamil, agar selalu menjauhkan diri dari perkara korupsi yang kerap menjerat pejabat di daerah.

"Korupsi, pungli, gratifikasi, apa pun namanya bisa terjadi kalau ada niat, itu pertama," kata Popong saat ditemui di halaman belakang Pendopo Kota Bandung.

Baca juga: Ceu Popong Nasihati Ridwan Kamil

Selain itu, celah untuk korupsi sering kali hadir saat ada kesempatan. Sebagai seorang pemimpin daerah, kata Popong, kesempatan untuk korupsi sangat terbuka lebar.

"Kedua, korupsi terjadi kalau ada kesempatan untuk berbuat itu. Jadi wali kota itu banyak kesempatan untuk korupsi karena saya pernah jadi istri wali kota. Bukan soal pintar atau bodoh, ini soal niat," kata Popong.

Jika melihat dari karakter dan tindak-tanduknya Emil dalam memimpin Kota Bandung, Popong meyakini dia merupakan orang yang bersih.

"Dia punya pikiran kalau otaknya jalan, apalagi encer kayak Emil, dia enggak akan korupsi. Saya tahu dia banyak kesempatan korupsi, tetapi karena pemikirannya (akal sehatnya) jalan, dia enggak akan begitu," ujar politisi Partai Golkar itu.

Kendati begitu, ia tetap mewanti-wanti Emil agar selalu memegang teguh amanat masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com