Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos Luncurkan Kartu Program Keluarga Harapan Khusus Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 03/12/2016, 16:03 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meluncurkan kartu penerima Program Keluarga Harapan (PKH) khusus bagi warga penyandang disabilitas, di Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Jadi peluncuran kartu PKH bagi penyandang disabilitas ini bertepatan dengan hari disabilitas internasional yang jatuh hari ini," ujar Khofifah, Sabtu (3/12/2016).

Dia mengatakan, peluncuran kartu PKH khusus bagi penyandang disabilitas tersebut, merupakan amanah undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang perlindungan disabilitas.

"Kartu ini menggunakan sistem e-wallet, dimana penggunaannya bisa diintegrasikan dengan semua kementerian dan lembaga yang ada. Untuk itu, kita terus koordinasikan dengan kementerian dan lembaga negara terkait," ungkap Khofifah.

Kartu PKH bagi penyandang disabilitas memiliki penanda khusus, yakni memiliki gambar kursi roda. "Wheel chair adalah penanda disabilitas internasional, jadi kita ambil dari sana logonya," ujar Khofifah.

Dia menambahkan, ditargetkan akan ada 125.000 kartu PKH khusus warga penyandang disabilitas yang akan didistribusikan.

"Semakin banyak semakin baik, untuk itu kami terus lakukan pendataan, di Jember saja ada 820 orang penyandang disabilitas," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com