Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Said Aqil: Alhamdulillah, Tuhan Menjaga Indonesia

Kompas.com - 03/12/2016, 13:25 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo dalam doa bersama 2 Desember di lapangan Munomen Nasional (Munas) yang hadir di tengah - tengah massa dan sempat shalat jumat bersama.

"Bagus sekali, bagus sekali. Itu Presiden dapat panggung tuh," katanya saat menghadiri Batu International Islamic Tourism di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Sabtu (3/12/2016).

Dia juga mengapresiasi peserta doa bersama yang menjaga ketertiban. Dengan begitu, ia menganggap bahwa Tuhan masih menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

"Demo bagus, Alhamdulillah Tuhan masih menyelamatkan Indonesia. Walaupun berkerumun orang satu jutaan, kurang lebih, tapi berjalan aman dan tertib. Itu betul-betul tangan Tuhan yang menjaga Indonesia ini," paparnya.

Menurut dia, dengan massa sebanyak itu, mustahil bisa di kontrol secara keseluruhan oleh pihak keamanan. Namun, ternyata, massa yang berkerumun menjaga ketertiban dan kedamaian.

"Secara logika kumpul kayak gitu sulit dikendalikan, sulit dipantau, sulit dikonsentrasikan, kita khawatirkan terjadi apa-apa kan," ungkapnya.

(Baca juga: Doa Bersama 2 Desember yang "Banjir" Pujian)

 

Kompas TV Demokrasi Indonesia Damai dan Bermartabat

Dalam aksi tersebut, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla hadir di tengah massa. Keduanya bahkan ikut menunaikan shalat Jumat bersama peserta doa bersama di silang Monumen Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com