Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Medis RSUD Ternate Demo, Pelayanan Kesehatan Terganggu

Kompas.com - 02/12/2016, 19:02 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Puluhan tenaga kesehatan yang terdiri dari, pegawai, perawat dan bidan RSUD Chasan Boesoirie Ternate melakukan aksi unjuk rasa, Jumat (2/12/2016). Dalam aksi yang ketiga kalinya ini, mereka kembali mempertanyakan kepada pihak menajemen rumah sakit dan pemerintah provinsi Maluku Utara terkait hak-hak mereka yang belum diterima selama beberapa bulan terakhir.

“Persoalannya karena sampai hari ini tidak ada penyelesaian, untuk itu kami minta klarifikasi kepada pihak manajemen rumah sakit dan pemerintah provinsi kapan ini dituntaskan. Kami meminta segera bayar jasa-jasa yang tertunggak, di antaranya BPJS, jasa umum, serta honor dan kontrak,” kata Irvan, salah satu peserta aksi.

Ia mengatakan, pihaknya khawatir bila hal tersebut tidak dituntaskan, hak-hak itu akan diputihkan seperti yang terjadi pada 2012 dan 2013 silam.

Akibat aksi ini, pelayanan kesehatan khususnya di ruang rawat inap sempat terganggu. “Ada pelayanan tapi yang dianggap penting saja semperti UGD dan ICU,” ujar Irvan.

Sementara itu Direktur RSUD Chasan Boesoerie Ternate dr Syamsul Bahri mengakui adanya sejumlah tunggakan tersebut.

Pihak rumah sakit sendiri belum dapat memastikan kapan seluruh tunggakan tersebut akan dibayar karena masih menunggu hasil koordinasi dengan pihak Pemprov Maluku Utara.

“Belum ada anggaran, kami komunikasikan dulu dengan pemprov seperti apa hasilnya baru kami sampaikan. Untuk pasien umum sudah terbayar sampai September, tapi masih ada sisa,” kata Syamsul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com