Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Hari Ikan Nasional, Nelayan Polewali Mandar Pesta Makan Ikan

Kompas.com - 02/12/2016, 18:19 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Kemeriahan mewarnai peringatan Hari Ikan Nasional ketiga di Jalan Pantai Bahari Barat, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (2/12/2016).

Di acara tersebut, ratusan warga berbaur bersama dan dapt menyantap berbagai macam ikan dalam pesta bersama para pejabat daerah, termasuk Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar.

Hadir pula anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Andi Ruskaty Ali Baal, Ketua DPRD Polman Hamzah Haya, dan anggota DPRD Sulbar Fraksi Nasdem Abdul Rahim.

Sebelum bersantap bersama, Ibrahim menyerahkan bantuan peralatan tangkap ikan, seperti jaring, mesin perahu, kincir, pelacak global positioning system (GPS), pompa tambak air, hingga motor tiga roda.

Ibrahim juga menyerahkan bantuan asuransi nelayan secara simbolis kepada sejumlah nelayan.

Ia mengatakan bahwa penyaluran bantuan nelayan terus diupayakan agar dapat diberikan secara merata kepada warga di pesisir pantai. Polewali Mandar memiliki pesisir pantai yang panjang dan hampir semua warga di pesisir bekerja sebagai nelayan.

Ibrahim juga mengimbau kepada para nelayan untuk membuat kelompok usaha agar lebih mudah mendapatkan bantuan karena pemerintah tidak bisa memberikan bantuan perorangan.

"Saya harap kepada penerima bantuan agar bantuan yang diberikan ini dapat dipelihara dan digunakan sebaiknya," kata Ibrahim.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Polewali Mandar Ahmad Syaefuddin mengatakan, acara ini digelar sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan berkelanjutan.

Ia menyebutkan, di Polewali Mandar terdapat ribuan kelompok usaha kelautan dan perikanan, di antaranya kelompok nelayan, kelompok budidaya rumput laut, dan kelompok budidaya air tawar.

Dalam acara itu, panitia menyajikan hidangan ribuan ekor ikan, mulai dari ikan bandeng, tuna, lele, hingga beragam jenis ikan laut di perairan Polewali Mandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com