Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Roboboat UGM Juarai Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional

Kompas.com - 02/12/2016, 16:07 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN,KOMPAS.com - Tim Roboboat Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjuarai kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Di dalam kontes ini, yang diikuti 32 tim unggulan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, UGM berhasil juara pertama kategori electric remote control dan juara Tiga kategori autonomus.

"Di kompetisi ini UGM menurunkan tiga kapal untuk bertanding dalam tiga kategori yang dilombakan," ujar Ketua Tim Roboboat UGM, Levina Ariesta, dalam pers rilis Humas UGM, Jumat (02/12/2016).

Levina menuturkan, dari tiga kapal, dua di antaranya menyabet juara.

Kapal Gamanave menjadi juara pertama kategori electric remote control,  setelah menyelesaikan misi dan tantangan melalui lintasan. Gamanave menjadi kapal yang sukses melewati lintasan tanpa menabrak rintangan dengan catatan waktu tercepat.

“Dalam test drag Gamanave memiliki catatan waktu 9,59 detik dan manuver 37 detik, menjadi yang tercepat dari kapal lainnya,” ungkapnya.

Kemudian Kapal Safina One meraih juara tiga kategori autonomous. Kapal Safina One ditantang untuk berlayar menyelesaikan misi dilintasan tanpa menggunakan remote control. Safina One didesain dan dibangun dengan piranti lunak elektronik otomatis atau sensor warna untuk mendeteksi rintangan. Dilengkapi pula dengan satu kamera di bagian depan kapal.

“Misinya kapal harus melewati lintasan tanpa menabrak bola berwarna tanpa kontrol dengan remot. Jadi tantangan di kategori ini lebih pada programming-nya," katanya.

Sementara robot kapal Jayamahe yang diikutkan di kategori engine remote control belum gagal meraih juara.

KKCTBN merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemenrsitekdikti untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam mendesain rancang bangun kapal, merencanakan sistem penggerak, serta otomasi navigasi dalam mendukung kemampuan manuver mitigasi bencana.

Kontes tersebut diikuti 32 tim unggulan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti ITS, UGM, Universitas Telkom, PPNS, Universitas Diponegoro, dan Institut Teknologi Nasional Malang.

Di kompetisi kali ini Tim Roboboat Universitas Gadjah Mada (UGM) Terdiri dari 16 mahasiswa dari prodi Teknik Mesin, ELINS-Sekolah Vokasi, dan FMIPA.

Sementara itu Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Ahmad Agus Setiawan, menyampaikan bahwa Tim Roboboat telah dipersiapkan sejak awal tahun.

Dari berbagai kompetisi mahasiswa UGM berhasil menyumbangkan tidak kurang dari 600 medali hingga akhir tahun 2016 ini.

"Capaian ini menegaska n mahasiswa UGM sangat kompetitif dan siap untuk bersaing dalam persaingan yang sesungguhnya di dunia global, khususnya di bidang Roboboat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com