Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lengan Diikat Pita Merah Putih, Ganjar Kampanye "Merawat Bangsa"

Kompas.com - 30/11/2016, 18:42 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, menggelar upacara dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-60 di Balairung UKSW, Rabu (30/11/2016) siang. Di antara tamu undangan yang hadir adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ada yang berbeda dari pakaian Ganjar hari ini, mengenakan setelan jas dan kemeja putih berdasi, nampak pada lengan kiri ganjar diikat dengan bendera merah putih. Ikat bendera merah putih itu sama dengan yang ia kenakan pada saat mengikuti Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Rabu pagi.

"Saya lagi serius, saya lagi mencoba merenung dan saya ingin menggugah hati, minimal diri saya sendiri seperti wajarnya anak-anak bangsa. Maka hari ini sampai beberapa hari kedepan, kami bersepakat untuk membela merah putih dengan cara apapun," kata Ganjar, saat didapuk memberikan sambutan.

Ganjar bercerita bahwa sebenarnya dia masih berada dalam acara Apel Nusantara Bersatu yang juga dihadiri oleh musisi Iwan Fals. Bahkan secara berseloroh Ganjar mengaku sudah berlatih menghafal 11 lagu-lagu Iwan Fals untuk tampil dalam acara itu.

Namun dirinya harus izin tidak mengikuti acara tersebut lantaran ingin menghadiri Dies Natalis ke-60 (Yubileum) UKSW. Ia merasa perlu untuk hadir dalam acara ini lantaran juga ingin berkampanye tentang Merawat Bangsa.

"Saya sampaikan kepada kawan-kawan di sana, bahwa dalam forum ini saya pakai untuk kampanye. Bukan untuk pilkada Salatiga, atau untuk pencalonan saya berikutnya, tetapi kampanye merawat bangsa, kampanye bergandengan tangan dengan yang hitam, yang sawo matang, yang matanya sipit, yang rambutnya keriting, reboundingan, macem-macem ndak soal karena mereka tidak pernak memilih ketika lahir," ujarnya.

Momentum dies natalis kali ini juga dirangkai dengan peresmian beberapa fasilitas di UKSW guna meningkatkan kualitas pelayanan mahasiswa. Fasilitas tersebut adalah gedung Fakultas Teknologi Informasi (FTI) di kampus Jalan Dr. O. Notohamidjojo serta Jalan Dr. O. Notohamidjojo.

Selain itu juga diresmikan gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan renovasi gedung Balairung Universitas (BU) UKSW.

Peresmian Gedung FTI dan FBS ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Jawa Tengah didampingi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Achmad Rofai, Ketua DPRD Kota Salatiga M. Teddy Sulistio, Ketua Pembina YPTKSW Pdt. Tjondro F. Gardjito, dan Rektor UKSW Prof. Dr. (H.C) Pdt. John A. Titaley, Th.D. Sedangkan secara simbolis, peresmian Jalan Dr. O. Notohamidjojo ditandai dengan pembukaan tirai oleh Pj. Wali Kota Salatiga Achmad Rofai didampingi Rektor UKSW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com