Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Diberi Penghargaan Kota Terbaik dalam Pengembangan UKM

Kompas.com - 30/11/2016, 13:53 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung mendapat penghargaan Natamukti Nindya sebagai kota dengan perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM) terbaik se-Indonesia menurut penilaian Indonesia Council for Small Business (ICSB) dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Penghargaan itu diserahkan langsung kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Hotel Harris Sunset Road, Bali, Selasa (29/11/2016).

Ridwan mengatakan, Bandung diberi pengharagaan lantaran mampu menyiptakan iklim ekonomi yang baik. Selain itu, produk lokal Bandung pun berhasil menembus pasar internasional.

"Nah internasional ini yang jadi unggulan. Mudah-mudahan menunjukan ekonomi UKM sangat kondusif," ucap pria yang kerap disapa Emil itu saat ditemui di Hotel Grand Tjokro, Jalan Cihampelas Bandung, Rabu (30/11/2016).

Emil tak mengetahui berapa perputaran rupiah yang dihasilkan dari industri skala kecil. Namun, dari penghitungan belanja online, ada sekitar Rp 20 juta transaksi per tahun dari bisnis UKM di Bandung.

"Kalau online itu Rp 20 juta transaksi per tahun dan ada 300.000 pebisnis di Bandung," ujarnya.

Selain itu, kontribusi pemerintah dalam pengembangan bisnis kecil dan menengah menjadi salah satu poin penilaian. Bandung dianggap unggul dari daerah lain lantaran memiliki program nyata terkait pengembangan industri skala kecil.

Emil menjelaskan, dari segi permodalan, Bandung punya program kredit tanpa agunan (kredit melati), juga membebaskan izin usaha untuk bisnis skala kecil. Untuk pemasaran, Emil menuturkan punya program Little Bandung sebagai wadah bagi produk lokal untuk mejeng di pasar internasional.

"Maka dari itu, 60 persen ekonomi di Bandung dihabiskan oleh UKM. Jadi Bandung ini kota UKM banget," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com