Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Timbun Petani yang Sedang Panen, Seorang Meninggal dan 2 Lainnya Belum Ditemukan

Kompas.com - 29/11/2016, 21:41 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KARANGANYAR, KOMPAS.com -  Tebing setinggi kurang lebih 30 meter di pinggir Desa Bulurejo, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, pukul 14.15 WIB Selasa (29/11/2016),  longsor dan menimbun delapan petani yang sedang panen padi dan lombok.

Akibat peristiwa itu, Sutoyo (75) ditemukan tewas. Sementara  dua warga bernama Darmo (70) dan Gito Gimin (50) masih belum ditemukan. Adapun lima orang lainnya berhasil selamat.

Menurut Paiman, salah satu saksi mata, dirinya mendengar suara gemuruh dari atas bukit dan tak berselang lama tanah langsung turun ke bawah menerjang warga.

"Kejadiannya cepat sekali, saat tahu longsor langsung berlarian, tapi ada yang tidak sempat menyelamatkan diri," kata Paiman, Selasa (29/11/2016).

Warga dan petugas segera membantu mencari korban dan berhasil menyelamatkan lima warga yaitu Sodi (50), Samino (66), Basuki (50), Sarmin (60), dan Suparni (60).

Tim relawan gabungan BPBD, Basarnas Kota Solo, TNI dan Polri,  akan melanjutkan proses pencarian dua korban diduga tertimbun longsor esok hari.

"Kondisi tanah yang labil dan cuaca hujan menjadi pertimbangan tim relawan, dan diagendakan dilanjutkan besok untuk mencari dua warga yang masih belum ditemukan," kata Yohan Tri Anggoro, Staf Humas Pos Basarnas Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com