Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Capai 3 Meter, Ratusan Warga Aceh Singkil Mengungsi

Kompas.com - 28/11/2016, 21:00 WIB
Masriadi

Penulis

ACEH SINGKIL, KOMPAS.com – Hujan deras sepanjang hari ini, Senin (28/11/2016) mengakibatkan banjir semakin meluas di Aceh Singkil. Bahkan, malam ini ketinggian air mencapai 3 meter dibanding pagi tadi di kisaran 1 sampai 2 meter.

Hal tersebut mengakibatkan ratusan warga terpaksa mengungsi ke daerah perbukitan dan posko pengungsian yang telah disiapkan Pemerintah Aceh Singkil.

Saat ini, banjir terjadi di Kecamatan Gunung Meriah, Simpang Kanan, Singkil Utara, Singkohor, dan Kecamatan Singkil, Aceh Singkil.

Camat Gunung Meriah, Ali Hasmi Pohan kepada Kompas.com, menyebutkan ratusan warga mengungsi ke rumah saudaranya di kawasan perbukitan.

“Ketinggian air di atas jalan aspal saat ini sekitar 1 meter. Kalau di halaman rumah warga bervariasi 2 sampai 3 meter,” sebut Ali.

Dia menjelaskan, posko pengungsian disiapkan di Dusun Handel, Desa Rimo, Gunung Meriah.

“Sebagian besar warga mengambil bantuan masa panik saja. Namun mengungsi ke rumah keluarganya. Tidak menginap di posko. Sebagian lagi, menginap di posko. Jika semakin banyak pengungsi, rencana akan saya fungsikan sekolah untuk tempat pengungsi sementara,” ucapnya.

Sejauh ini, jalur transfortasi di lokasi banjir lumpuh total. Tidak ada kendaraan yang berani melintas. Kerugian lainnya, sekitar 35 hektar areal persawahan dipastikan gagal panen.

“Sekarang ini hampir musim panen. Karena banjir, saya pikir akan terjadi gagal panen. Semua sawah terendam air,” ujar dia,

Seperti diberitakan sebelumnya, dua hari terakhir banjir melanda kawasan Aceh Singkil. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah sungai di kawasan itu meluap sehingga merendam sejumlah kecamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com