Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Genangi Jalan Protokol di Samarinda, Warga Dievakuasi dengan Perahu

Kompas.com - 28/11/2016, 19:01 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Hujan deras yang melanda Kota Samarinda selama berjam-jam, membuat hampir semua sudut Kota Samarinda digenangi banjir mulai dari ketinggian 30 cm-1,2 meter, Senin (28/11/2016).

Sejumlah jalan protokol yang padat arus lalu lintas juga digenangi banjir. Akibatnya, hingga pukul 16.00 Wita, terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan, seperti Jalan Slamet Riyadi, Jalan Gajah Mada hingga Jalan dr Soetomo.

Tidak hanya itu, Jalan P Antasari, Jalan Ir Juanda hingga flyover, juga tergenang air. Bahkan di kawasan Samarinda Utara, mulai dari Jalan KH Wahid Hasyim, hingga Jalan DI Panjaitan, warga sekitar dievakuasi dengan perahu karet oleh Bhabinkamtibnas Kelurahan Sempaja Selamatan.

Humas Polresta Samarinda, Iptu Hardi, mengatakan, sekitar pukul 11.30 Wita, evakuasi warga RT 24 dan RT 25 dilakukan menuju Puskesmas.

"Evakuasi terpaksa dilakukan pada saat Kota Samarinda diguyur hujan selama hampir 5 jam dan mengalami banjir di banyak tempat ruas jalan dan perumahan, situasi aman," ucapnya.

Selain jalan protokol, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah hingga rumah sakit dan kantor polisi pun turut tergenang.

"Kantor Polsek Utara juga digenangi banjir dan tetap melalukan pelayanan," pungkasnya.

(Baca juga: Banjir Lagi, Jalan-jalan di Samarinda Jadi Seperti Sungai)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com