Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertimpa Batu Besar, Petambang Tradisional Tewas di Gunungkidul

Kompas.com - 26/11/2016, 16:31 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Seorang petambang batu putih, Surino (59), tewas tertimpa batu reruntuhan tebing di Dusun Njarak Bendogede II, Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Jumat sore kemarin kita mendapatkan laporan ada kejadian petambang yang tertimpa batu," ujar Operator Pudalops BPBD Gunungkidul Agus Priyanto, Sabtu (26/11/2016).

Menurut Agus, berdasarkan keterangan warga, korban saat itu sedang menambang batu putih secara manual. Tiba-tiba tebing longsor dan tubuh korban tertimpa bongkahan batu berukuran besar.

"Korban tidak sempat melarikan diri saat itu," kata Agus.

Mendapat laporan tersebut, BPBD Gunungkidul bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) berangkat ke lokasi kejadian. Tim berusaha menolong dengan cara manual, tetapi tidak bisa.

BPBD Gunungkidul akhirnya mengerahkan alat berat untuk mengeser dan mengangkat batu yang menimpa tubuh Surino. Tim berhasil memindahkan batu pada Sabtu (26/11/2016) sekitar pukul 01.00 WIB.

"Namun, (korban) ditemukan sudah dalam kondisi meninggal dunia," kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Ponjong Komisaris Polisi Saman mengatakan, korban menambang di tebing yang lokasinya tidak jauh dari rumahnya.

"Korban adalah petambang tradisional. Sebenarnya sudah diingatkan oleh warga, tetapi nekat menambang dengan linggis di posisi bawah tebing," kata dia.

Jenazah korban telah diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com