Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini Candi Borobudur Berwarna Oranye

Kompas.com - 25/11/2016, 22:52 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Candi Borobudur Jumat (25/11/2016) malam ini berwarna oranye. Warna tersebut berasal dari lampu oranye yang menyinari dinding candi Buddha ini selama dua jam, dari pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Kepala Divisi Administrasi dan Keuangan Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro, menjelaskan aksi ini sebagai dukungan perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak dari tindakan kekerasan.

“Kita turut serta kampanye dalam hari anti-kekerasan terhadap perempuan dan anak. Melalui aksi di candi Borobudur yang merupakan warisan budaya dunia diharapkan bisa menyuarakan kampanye ini menggema di seluruh penjuru dunia,” kata Aryono, Jumat malam.

Dia menyebutkan, UNESCO menunjuk Candi Borobudur di Kabupaten Magelang dan Tugu Monas di Jakarta sebagai lokasi kampanye.

Aksi serupa juga diselenggarakan di bangunan ikonik di beberapa negara di dunia, antara lain Monumen Nasional Pakistan, Kuil Abu Simber Mesir, Situs Petra Yordania, Grand Place Brussels, The Presidential Palace Santiago dan sebagainya.

Kampanye bertajuk "16 Days of Activism against Gender-Based Violence" merupakan kampanye global tahunan yang berlangsung selama 16 hari dari tanggal 25 November (Hari Anti-Kekerasan Perempuan) sampai tanggal 10 Desember (Hari Hak Asasi Manusia).

Warna oranye dipakai untuk menggambarkan masa depan yang cerah bagi perempuan dan anak bebas dari kekerasan. Selain itu, aksi ini untuk menarik perhatian serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap perempuan dan anak.

"Candi Borobudur turut berpartisipasi hanya semalam ini. Kegiatan serupa juga pernah dilakukan saat HUT PBB, ketika itu candi Buddha ini disinari lampu warna biru," papar Aryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com