Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Suasana Majapahit secara Virtual

Kompas.com - 25/11/2016, 22:46 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pusat Studi Peradaban pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya menghadirkan Pameran Virtual Museum Brawijaya di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya, Jumat (25/11/2016).

Pameran itu menghadirkan sejarah Kerajaan Singosari dan Majapahit secara virtual. Dalam pameran itu dihadirkan sejarah Kerajaan Singosari hingga akhir Kerajaan Majapahit dan peristiwa - peristiwa penting pada masa pemerintahan masing - masing raja.

Selain itu, pameran juga menyediakan dokumentasi peninggalan Majapahit berupa multimedia interaktif dan aplikasi berbasis augmented reality 3D terhadap candi dan pusaka era Majapahit. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati gambaran suasana pada era 1293 - 1527 Masehi saat Majapahit berkuasa.

"Virtual ini kan nyata. Jadi bisa melihat dari berbagai dimensi, dari beberapa sisi," kata Ketua Pusat Studi Peradaban Universitas Brawijaya, M Fadli.

Fadli menjelaskan, pameran itu bermula dari sebuah ide untuk memperkenalkan sejarah kata Brawijaya. Sebab, Brawijaya merupakan nama pada kampus tersebut.

Selama ini banyak yang mengira bahwa Brawijaya itu merupakan nama seorang raja. Padahal Brawijaya itu merupakan sebutan untuk sejumlah raja di Kerajaan Majapahit.

Dalam sejarah, Majapahit dipimpin oleh lima Brawijaya atau sampai Brawijaya V.

"Ada nama Brawijaya masak tidak kenal nama Brawijaya. Bagaimana seseorang memakai sesuatu tapi tidak tahu sejarahnya kan kurang pas bagi dunia akademik," jelasnya.

Rencananya, pihaknya akan membangun Museum Nusantara di UB Forest yang ada di Karang Ploso, Kabupaten Malang. Museum itu sebagai tindak lanjut dari pameran tersebut. Museum itu juga akan dikemas virtual.

"Proposalnya sudah diajukan ke Pak Rektor," ujarnya.

Ia sengaja memilih menghadirkan museum dengan konsep virtual. Hal itu untuk membawa pengunjung kepada suasana masa lalu, suasana saat Kerajaan Singasari dan Majapahit masih berkuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com