Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Batasi Distribusi BBM, Antrean Panjang Terjadi di Semua SPBU di Ternate

Kompas.com - 25/11/2016, 16:56 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com — Antrean panjang, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, terjadi di empat SPBU di Kota Ternate, Maluku Utara, pada Jumat (25/11/2016) pagi hingga sore ini.

Menurut pihak SPBU, antrean ini dikarenakan adanya pengurangan stok BBM khususnya Premium dan Pertalite oleh Pertamina Ternate.

SPBU yang pada hari normal mendapatkan stok BBM jenis bensin 24 kiloliter (KL), sejak Selasa (22/11/2016) hingga Jumat hari ini hanya mendapatkan 8 KL-16 KL dalam sehari.

Executive Retail V PT  Pertamina Persero Cabang Ternate, Andi Arifin, saat dihubungi Kompas.com, membenarkan adanya pengurangan stok dari Pertamina ke tiap-tiap SPBU di Ternate.

Menurut dia, saat ini Pertamina melakukan penertiban distribusi BBM ke SPBU dikarenakan kapal pengangkut BBM terlambat masuk di Ternate.

“Pengurangan stok itu kita lakukan hingga 50 persen. Biasanya hari normal 15 KL-20 KL, hari ini 8 KL-16 KL,” kata dia.

Andi menyebutkan, langkah tersebut merupakan antisipasi untuk menjaga kemungkinan terjadinya kekosongan BBM jika kapal masih mengalami keterlambatan.

Dia menjanjikan stok BBM di semua SPBU akan kembali normal pada Sabtu (26/11/2016).

“Kapal pengangkut BBM hari ini berangkat dari Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, dan hari ini juga tiba di Ternate sehingga jika tidak ada halangan, maka Sabtu besok stok akan kembali normal,” kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com