Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Pacitan, Empat Rumah Roboh, 25 Rusak

Kompas.com - 25/11/2016, 16:28 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PACITAN, KOMPAS.com - Empat rumah roboh dan 25 lainnya rusak menyusul tanah longsor yang menimpa dua kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Tanah longsor berasal dari tebing yang berada di samping dan belakang rumah setelah hujan deras mengguyur dua kecamatan itu selama lima jam.

"Jumlah keseluruhan rumah yang rusak akibat tanah longsor di Kecamatan Nawangan dan Kecamatan Banjar sebanyak 29 rumah. Empat rumah rusak total lantaran roboh diterjang tanah longsor. Sementara sisanya rusak ringan hingga sedang," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan, Pujono, Jumat (25/11/2016) sore.

Khusus untuk empat rumah yang rusak, Pujono menyebutkan berada di Desa Sempu yakni masing-masing dua di Dusun Jajar dan Tanjung di Kecamatan Nawangan. Rumah empat warga itu roboh dan tidak bisa digunakan lagi.

"Untuk itu kami sarankan kepada pemilik rumah agar direlokasi dari tempatnya. Kalau dipertahankan tinggal disitu tidak mungkin lagi," ucap Pujono.

Menurut Pujono, tanah longsor bukan karena hutan gundul atau perusakan alam. Peristiwa tanah longsor terjadi karena itensitas hujan yang tinggi dari jam 11 siang sampai sore hari.

Bagi warga yang rumahnya roboh tertimpa longsor, empat warga diungsikan ke keluarganya. Bahkan rumah yang rusak total dibongkar untuk diamankan barang-barang yang bisa digunakan.

Dia menambahkan longsor susulan masih mengancam bila hujan lebat mengguyur lagi. Hanya saja tidak diketahui kapan dan lokasi yang bakal diguyur hujan. Pujono mengimbau kepada warga dan aparat desa bila hujan deras untuk segera mengungsi ke tempat yang aman. Soal relokasi, warga kemungkinan keberatan karena sejak kecil hingga besar tinggal di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com