Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Gunungsitoli Lantik 63 Kepala Desa di Taman Kota

Kompas.com - 25/11/2016, 05:48 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua melantik 63 kepala desa terpilih di Taman Ya'ahowu, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Kamis (24/11/2016) sore.

Lakhomizaro mengatakan, pelantikan kades yang terpilih pada pemilihan kepala desa serentak bulan lalu itu dilakukan bersamaan dengan pembuaan pesta Ya'ahowu tahun ini. Acara ini merupakan perhelatan adat dan budaya di Kota Gunungsitoli.

Jumlah kades yang dilantik seharusnya 64 orang. Namun, seorang kades terpilih meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Lakhomizaro mengatakan, kades terpilih adalah figur-figur yang dipercaya oleh masyarakat. Karena itu, mereka mengemban tugas berat, amanah dari masyarakat untuk membangun desa, dan melakukan inovasi-inovasi dalam memajukan potensi desa yang ada.

"Jangan sampai kepala desa terpilih ini menjadi koruptor. Kalau ada masalah, koordinasikan di tingkatan di atasnya," kat Lakhomizaro.

Ia mengimbau kepada para camat dan kepala satuan perangkat kerja daerah agar segera memberikan pembinaan dan masukan yang inspiratif agar para kades memiliki cara pandang, visi, dan pola pikir yang sama terkait program-program dan visi misi Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Ia berharap para kades yang dilantik itu dapat meningkatkan kedisiplinan, administrasi desa, pemerintahan, dan sebagainya.

"Kalau sudah menjadi kepala desa, ya tinggalkan perilaku yang tidak sepantasnya disandang oleh kepala desa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com