Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Mata Kuliah Ini, Mahasiswa ITS Wajib Pakai Kostum "Superhero"

Kompas.com - 24/11/2016, 21:12 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Belasan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengenakan kostum superhero, Kamis (24/11/2016). Mereka bukan akan mengikuti karnaval, melainkan mengikuti ujian salah satu mata kuliah di Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal).

Selain berkostum Batman dan Superman, sejumlah mahasiswa juga tampak mengenakan kostum superhero lokal, seperti Gatot Kaca, pejuang kemerdekaan, dan kostum pejuang asal Madura, Sakera.

Ketua Departemen Siskal Muhammad Badruz Zaman mengatakan, peserta ujian mata kuliah Desain IV yang merupakan mahasiswa semester akhir di departemennya memang diwajibkan kostum superhero tersebut. "Ini ada maknanya, bukan sekadar kostum untuk heboh-hebohan," ujarnya. 

Kostum superhero, kata dia, adalah simbol semangat dan heroisme, dengan harapan semangat dan jiwa heroik tertanam di jiwa para mahasiswa jika di dunia nyata nanti mengalami kendala teknis dalam mengoperasikan kapal.

"Butuh semangat dan sikap cepat, tanggap dan tidak putus asa dalam mengatasi kerusakan kapal di tengah samudra. Sifat itu harus ditanamkan sejak mahasiswa," ujarnya.

Ujian desain IV sendiri kata dia, mencakup perencanaan sistem perkapalan secara keseluruhan.

Ujian tersebut juga disebut ujian paling penting selama pembelajaran akademik di Departemen Siskal karena semua materi kuliah dari mulai semester pertama hingga akhir diujikan dalam sidang ujian tersebut. Bahkan, bobot nilai dari ujian Desain IV itu setara dengan tugas akhir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com