Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaksa Agung: Kasus Jaksa AF Bukti Keseriusan Kejaksaan Perangi Pungli

Kompas.com - 24/11/2016, 18:08 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan, kasus yang melibatkan jaksa AF di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur merupakan bukti pihaknya serius dalam memerangi praktik-praktik pungutan liar atau korupsi di tubuh kejaksaan.

Prasetyo menyebut, pihaknya tidak akan segan-segan menindak oknum jaksa yang terlibat kasus pungli, suap, ataupun pemerasan.

"Pemberi dan penerima suap sudah kita bawa ke Jakarta untuk diperiksa. Dan kasus ini masih dalam penyidikan dan pengembangan," ucap Prasetyo, dalam konferensi pers, di Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/11/2016).

Prasetyo menambahkan, dalam operasi tangkap tangan (OTT) tersebut, Tim Saber Pungli Kejaksaan Agung menyita uang yang diduga hasil suap atas kasus yang sedang ditanganinya sebesar Rp 1,5 miliar.

Dia menegaskan, OTT yang dilakukan Tim Saber Pungli itu sebagai upaya memberantas pungli yang sedang digaungkan Presiden Jokowi. Sehingga pihaknya bakal lebih memperketat pengawasan di lembaga Adhyaksa yang dipimpinnya itu.

"Ya, kita akan melakukan supervisi atau memperketat para jaksa-jaksa seluruh Indonesia. Dengan jumlah jaksa puluhan ribu, janganlah menggeneralisir seolah semua jaksa perilakunya sama seperti oknum-okum Jaksa Kejati Jatim berinisial AF, kemudian dua Jaksa Kejati Jabar dan Sumut," ucapnya.

Baca: Tim Saber Pungli Tangkap Jaksa Anggota Tim Perkara Dahlan Iskan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com