Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Bersedia Terima Warga Rohingya di Aceh, 23 Orang Akan Diwawancarai

Kompas.com - 24/11/2016, 16:04 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe menuturkan bahwa seluruh warga Rohingnya di penampungan sementara, Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, bisa mendapatkan rekomendasi untuk wawancara dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

Amerika Serikat telah bersedia menjadi negara ketiga untuk ratusan warga Rohingnya yang terdampar di Aceh.

“Sampai saat ini, 23 orang dari 25 orang sudah mendapat rekomendasi wawancara. Hanya dua orang yang belum dapat rekomendasi itu. Kami perkirakan rekomendasi itu dikeluarkan dalam pekan ini,” ujar Kepala Pengawasan dan Penindakan (Wasdakin) Imigrasi Lhokseumawe, Albert Djalius, Kamis (24/11/2016).

Dia menyebutkan, diperkirakan ke-25 warga Rohingnya itu telah diberangkatkan ke Medan, Sumatera Utara, pada Desember mendatang.

“Secara bertahap, 25 orang itu akan diberangkatkan untuk wawancara dengan Konsultan Amerika di Medan,” ujar Albert.

Sebelumnya diberitakan, ratusan warga Rohingnya asal Myanmar terdampar di Aceh Utara tahun 2015 lalu. Mereka lalu ditampung di Blang Adoe, Aceh Utara.

Sebagian besar dari mereka telah meninggalkan lokasi penampungan untuk menyeberang ke Malaysia sebelum mendapatkan negara ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com