Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desember 2016, Seluruh Warga Rohingya Selesai Dipindah ke Medan

Kompas.com - 20/11/2016, 18:38 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Sejumlah warga Rohingya yang kini masih berada di lokasi penampungan sementara Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara dijadwalkan selesai dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara pada 14 Desember 2016 menndatang.

Mereka akan diwawancarai oleh Konsulat Kedutaan Amerika Serikat di Medan.

Selama proses wawancara, mereka akan ditampung di rumah penampungan Imigrasi Sumatera Utara. Sedangkan biaya konsumsi selama penampungan akan ditanggung organisasi IOM dan UNHCR.

Amerika Serikat telah menyatakan kesediaannya sebagai negara ketiga untuk menampung ratusan warga Rohingngnya yang selama ini ditampung di Aceh Utara dan Aceh Timur.

Khusus untuk Aceh Timur seluruh warga Rohingya daerah itu sudah berada di Medan.

"Ditargetkan lokasi penampungan sudah kosong 14 Desember mendatang, itu keputusan rapat terakhir lintas sektor pada 14 November 2016 lalu," kata Kepala Humas Pemerintah Aceh Utara, Teuku Nadirsyah, Minggu (20/11/2016).

Sementara itu khusus untuk bangunan dipenampungan sambung Nadir diharapkan bisa dihibahkan pada lembaga sosial.

"Bangunan itu dibangun organisasi Aksi Cepat Tanggap (ACT), sarannya agar bangunan itu dibongkar atau dihibahkan oleh ACT," kata Nadir.

Ratusan warga Rohingya asal Myanmar terdampar di Aceh Utara dan Aceh Timur tahun lalu. Mereka lari dari kampung halamannya karena konflik berkepanjangan dengan Pemerintah Myanmar.

Tujuan mereka ke Malaysia untuk mencari kehidupan lebih nyaman dan manusiawi.

Kompas TV Dunia Berkomitmen Atasi Krisis Pengungsi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com