Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Energi Eropa Dukung Inisiasi Zero Emisi Sumsel

Kompas.com - 20/11/2016, 09:11 WIB
M Latief

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan memperoleh dukungan dunia tentang inisiatif kemitraan pelestarian hutan berbasis lanskap yang telah dipublikasikan di CoP 22 Maroko. Alex memaparkan inisiatif Zero Emisi Kendaraan Hidrogen pada Forum Energi Eropa di Barcelona, Spanyol, Rabu (16/11/2016) lalu.

Pemaparan tersebut dilakukan pada acara Utility Week yang merupakan ajang pameran inovasi baru tentang energi rendah atau zero emisi. Kegiatan itu diikuti oleh negara-negara di Eropa yang mempunyai industri teknologi energi.

Saat ini Sumatera Selatan sudah menjalin kerjasama dengan IMS Ecubes Norwegia. Kerjasama tersebut berhasil merintis penggunaan kendaraan hidrogen, suatu teknologi zero emisi yang tidak menggunakan bahan baku yang berasal dari fosil.

"Penggunaan kendaraan hidrogen ini akan dimulai pada saat berlangsungnya perhelatan Asian Games 2018 nanti," ujar Alex.

Dengan demikian, Sumsel dinilai sebagai provinsi di Indonesia yang mempunyai ide dan upaya mengimplementasi komitmen CoP Paris 2015. Upaya itu akan dilakukan secara bertahap untuk mengurangi penggunaan energi fosil.

Alex menjelaskan bahwa Komplek Jakabaring Sport City akan menjadi kompleks olahraga yang hijau dan rendah emisi. IMS Ecubes sendiri menjadikan momen Asian Games 2018 sebagai show case pengggunaan kendaraan hidrogen zero emisi.

Staf Khusus Gubernur Sumatera Selatan, Najib Asmani, yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa audiens memberikan apresiasi terhadap inisitif Gubernur Sumsel tersebut. Upaya itu dinilai ikut memberikan sumbangsih dalam mengantisipasi pemanasan global melalui kegiatan energi yang rendah atau zero emisi.

Dok Pemprov Sumsel Kedatangan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di markas Barcelona FC, Rabu (16/11/2016), disambut baik Presiden Agrupacio Barca Jugadors yang merupakan perusahaan pengelola FC Barcelona, Ramon Alfonseda I Pous.
Gandeng Barca

Dalam lawatannya ke Barcelona kali ini, Gubernur Sumsel Alex Noerdin juga menyampaikan kenginannya menjadikan menjadikan Sriwijaya FC sebagai klub sepakbola yang diperhitungkan di Tanah Air. Hal itu selaras dengan cita-cita Presiden Sriwijaya FC Dodi Reza Alex Noerdin.

Kedatangan Gubernur di markas Barcelona FC, Rabu (16/11/2016), disambut baik Presiden Agrupacio Barca Jugadors yang merupakan perusahaan pengelola FC Barcelona, Ramon Alfonseda I Pous. Ramon menyambut baik keinginan Presiden SFC bekerjasama dengan Barca untuk mengembangkan Akademi Sekolah SFC.

Ramon mengaku telah memonitor perkembangan SFC yang memiliki banyak prestasi di berbagai kejuaraan, antara lain dua kali menjuarai ISL, tiga kali di kompetisi Piala Indonesia, dua kali di kejuaraaan Piala Inter Island Cup, serta sebagai juara tingkat U-21. Plus, SFC masuk 16 besar kejuaraan AFC sebanyak dua kali.

Ramon pun menyatakan dukungannya untuk mengembangkan Akademi Sekolah SFC yang akan membina anak dan remaja di berbagai tingkat usia untuk menjadi pesepakbola profesional.

Rencananya, rim Konsultan FCB akan mengawali kunjungan ke Palembang pada Maret 2017 mendatang. Kunjungan itu akan menjadi langkah awal memulai kerjasama dengan SFC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com