Menkum HAM : Peredaran Narkoba di Lapas Terus Menurun - Kompas.com

Menkum HAM : Peredaran Narkoba di Lapas Terus Menurun

Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Kompas.com - 19/11/2016, 11:18 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia, Yasona Laoly saat dicegat waratwan di depan Gedung Oikumene Ambon, Sabtu (19/11/2016)

AMBON,KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham), Yasona Laoly mengungkapkan kasus peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan di Indonesia terus mengalami penurunan.

"Secara nasional untuk narkoba, ada penurunan yang sangat baik,” kata Yasona saat dicegat wartawan usai menyampaikan orasi ilmiah bagi wisudawan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) di Gedung Baileo Oikumene Ambon, Sabtu (19/11/2016).

Dia mengungkapkan menurunnya angka kasus peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan lantaran aparat berwenang dalam hal ini BNN, polisi dan juga petugas Lapas kerap melakukan razia terhadap penghuni lapas.

Terkait over kapasitas di sejumlah Lapas, dia mengaku pihaknya akan mencari solusi terkait masalah tersebut.

Meski tidak menyebutkan secara detail berapa jumlah lapas yang akan dibangun dan direhabilitasi namun dia mengaku pada tahun ini anggaran untuk masalah tersebut akan direalisasikan.

“Tinggal over kapasitas, mudah-mudahan tahun ini kita dapat anggarannya,” katanya singkat.

Pada Jumat kemarin, Yasona juga sempat berkunjung ke Lapas Kelas II Ambon dan Kantor Imigrasi Kota Ambon. Dalam peninjauan yang dilakukan itu Yasona mengaku kondisi Lapas Ambon sangat baik. 

PenulisKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
EditorM Fajar Marta
Komentar

Close Ads X