Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Pematangsiantar, Hulman-Hefriansyah Unggul di Tingkat Kecamatan

Kompas.com - 18/11/2016, 20:43 WIB

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Calon wali kota dan wakil wali kota Pematangsiantar nomor pemilihan 2 Hulman Sitorus-Hefriansyah unggul pada hasil rekapitulasi suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan.

Data dari Komisi Pemilihan Umum Pematangsiantar, Jumat (18/11/2016), calon yang diusung Partai Demokrat itu itu meraih 59.420 suara atau 59,39 persen.

Di posisi kedua, calon Wesly Silalahi-Sailanto mendapatkan 25.606 suara (22,25 persen), lalu Teddy Robinson Siahaan-Zainal Purba sebanyak 18.948 suara (17,63 persen), dan Sujito-Djumadi dengan 4.306 suara (3,79 persen).

Data itu diperoleh dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang sudah dihitung. Hasil ini sedikit berbeda dari penghitungan suara yang dilakukan Desk Pilkada Pemkot Pematangsiantar pada Rabu (16/11/2016).

Ketua KPU Pematangsiantar Mangasi Tua Purb mengatakan, hasil rekapitulasi di tingkat PPK akan dikumpulkan di KPU dan direkapitulasi kembali melalui rapat pleno pada 23-25 November 2016.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Pematangsiantar Timbul M Lingga sebagai pendukung Wesly-Sailanto mengatakan akan melakukan upaya hukum terkait berbagai dugaan kecurangan yang ditemukan atau terjadi saat pemungutan suara Pilkada Pematangsiantar.

"Tim kami sudah menemukan adanya dugaan kecurangan yang terjadi saat pemungutan suara pilkada susulan di Pematangsiantar. Temuan itu akan diproses lanjut oleh tim kuasa hukum kami," kata Timbul.

Pilkada Pematangsiantar merupakan pilkada susulan yang semestinya berlangsung pada 9 Desember 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com