Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet, Artis, hingga Pejabat Ikut Borobudur Marathon 2016

Kompas.com - 18/11/2016, 16:02 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Laksono Hari Wiwoho

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar Borobudur Marathon 2016 di kawasan Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (20/11/2016).

Lomba yang memadukan olahraga lari dengan pariwisata ini akan diiikuti lebih dari 18.000 peserta. Para peserta terdiri dari para atlet profesional, pejabat, masyarakat, hingga selebriti.

Peserta dari luar negeri juga turut bagian dalam lomba yang merebutkan hadiah total Rp 3,2 miliar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah Budi Santoso menyebutkan, ratusan peserta dari 20 negara telah resmi mendaftar Borobudur Marathon 2016.

"Antusias masyarakat sangat tinggi, kami terpaksa menutup pendaftaran sebelum hari pelaksanaan karena peserta membeludak. Hingga saat ini peserta yang telah melakukan registrasi ulang sebanyak 18.552 orang," ujar Budi, Jumat (18/11/2016).

Budi memaparkan peserta didominasi dari Indonesia. Adapun peserta dari luar negeri berasal dari negara-negara di Asia, Afrika, Australia, dan Amerika. Mereka mendaftar baik melalui online maupun offline.

"Untuk peserta Borobudur kategori Ambassador & Celebrity Run, ada beberapa dubes yang masih menunggu konfirmasi akhir, sedangkan artis lokal yang ikut ada sekitar 20 orang," kata Budi.

Menjelang hari pelaksaan ini, lanjut Budi, panitia sudah melakukan berbagai persiapan, baik sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, papan petunjuk, termasuk hiburan artis Soimah dan grup musik Seventeen.

Kegiatan bertajuk "Bank Jateng Borobudur Marathon 2016" ini terbagi dalam lima kategori, yakni Borobudur Ambassador Run & Celebrity Run menempuh jarak 3 kilometer; Borobudur 10 kilometer; Borobudur Half Marathon menempuh 21 kilometer; Borobudur Full Marathon menempuh jarak 42 kilometer; dan Ultra Marathon menempuh jarak 120 kilometer.

Pengamanan Ketat Kepala Polres Magelang AKBP Zain Dwi Nugroho menyatakan pihaknya akan menerjunkan 1.994 personel polisi untuk mengamankan kegiatan tahunan ini.

Pihaknya juga mendapat bantuan personel dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, Kodim 0705/Magelang, Armed 3, instansi terkait meliputi Dinas Perhubungan, satpol PP, relawan, dan masyarakat setempat.

"Kami telah lakukan koordinasi dengan melibatkan Polres Semarang dan Boyolali untuk pengamanan lintasan kategori Ultra Marathon," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com