Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ungkap Pembegalan Mahasiswa ITB, Seorang Tewas Ditembak dan 3 Orang Ditangkap

Kompas.com - 18/11/2016, 09:52 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepolisian Bandung akhirnya mengungkap komplotan begal di Jalan Dago, Bandung, Jawa Barat. Polisi menangkap tiga orang pembegal dan menembak mati otak komplotan.

Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Pol Winarto, mengatakan, HM alias Odon pria yang ditembak mati anggota Polrestabes Bandung di Jalan Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (18/11/2016) sekitar pukul 03.30 WIB pagi, adalah otak dari aksi pembegalan di Jalan Dago yang sering terjadi belakangan ini.

Sebelum menembak mati Odon, polisi juga menangkap tiga orang komplotannya, yakni BY alias Obay, BY alias Iday, dan Adit.

"Diawali dari penyelidikan, kita dapatkan dulu tiga pelaku, kemudian dikembangkan dan kita dapatkan aktor intelektualnya atau kepalanya," kata Winarto di Markas Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat pagi.

Korban-korban aksi pembegalan yang dilakukan komplotan Odon di antaranya adalah dua orang mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), yakni Rifqy Zaidan Muharri yang dibegal pada tanggal 6 November 2016 dan Rizal Azis pada tanggal 10 Oktober 2016.

"Iya, beberapa korbannya anak ITB. Setelah dilakukan pengejaran tadi malam, didapati di Jalan Babakan Siliwangi. Dia melakukan perlawanan, jadi langsung kita tembak di tempat," ucapnya.

Winarto menambahkan, Odon merupakan penjahat kambuhan yang sudah melakukan delapan kali aksi pembegalan yang kebanyakan berlangsung di wilayah hukum Polsek Coblong. Tidak hanya dengan Obay, Iday, dan Adit, Odon juga sering melakukan pembegalan bersama komplotan berbeda.

"Kebanyakan di Coblong, tapi ada juga di tempat lain, jadi random dengan waktu tertentu," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria tewas ditembak polisi Jumat (18/11/2016) sekitar pukul 03.30 WIB dini hari, di dekat lingkungan kampus ITB, Jalan Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat. Pria tersebut merupakan pelaku kejahatan jalanan yang kerap meresahkan warga Kota Bandung dan pengguna jalan raya beberapa waktu belakangan ini. Dia ditembak polisi saat akan menjalankan aksi kriminal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com