Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Direktur ASDP Mengelap dan Mengepel Interior Kapal...

Kompas.com - 15/11/2016, 19:11 WIB

Tim Redaksi

SELAT SUNDA, KOMPAS - Para direktur PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) membersihkan Kapal Motor Penyeberangan Portlink III. Kegiatan yang dilakukan pertama kali itu bertujuan menggalakkan perilaku kerja bersih.

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Portlink III yang membawa para direktur PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry berangkat dari Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Selasa (15/11) sekitar pukul 09.00 WIB.

Semua direktur PT ASDP Indonesia Ferry tampak hadir. Mereka adalah Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Faik Fahmi, Direktur Keuangan Djunia Satriawan, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Charda Damanik, Direktur Usaha Penyeberangan Lamane, dan Direktur Teknik M Fitri Natriawan. Portlink III berlayar di Selat Sunda.

Setelah membuka acara, para direktur langsung membersihkan kapal. Faik, misalnya, tanpa sungkan menyemprotkan cairan pembersih ke meja di kafetaria.

Tiang-tiang kapal yang dilapisi logam pun tak luput diseka Faik. Keringat bercucuran di dahi Faik yang tampak sedikit tersengal-sengal.

Di sisi lain, Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry Christine Hutabarat juga terlihat bersemangat mengepel lantai.

Para direktur dan karyawan PT ASDP Indonesia Ferry membersihkan kapal selama dua jam hingga pukul 12.00 WIB.

Faik mengatakan, aktivitas itu dinamakan ASDP Bersih. Gerakan kolektif itu akan dilakukan secara berkelanjutan yang melibatkan semua karyawan.

Tak hanya kapal, kegiatan itu juga bertujuan membersihkan perusahaan bersih dari praktik penyimpangan yang merugikan pengguna jasa.

Faik mengatakan, PT ASDP Indonesia Ferry sedang gencar-gencarnya mencegah kegiatan yang merugikan penumpang, seperti pungutan liar.

"Kami harap, ASDP bersih menjadi bola salju yang terus membesar. Karyawan paling bawah hingga atas harus menerapkan perilaku kerja bersih dari diri sendiri," katanya.

Christine mengatakan, tak hanya direktur dan karyawan PT ASDP Indonesia Ferry yang membersihkan kapal. Para awak KMP Portlink III juga ikut membersihkan kapal itu.

Jumlah mereka yang membersihkan kapal sekitar 100 orang. Kapal itu bersandar kembali di Pelabuhan Merak, sekitar pukul 16.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com