Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Ingin Wisata Jateng Viral seperti Saat Ia Tidur di Kereta Api

Kompas.com - 15/11/2016, 18:26 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan destinasi-destinasi wisata di Jawa Tengah menjadi viral di media maupun media sosial seperti saat dirinya terpegok tidur di gerbong kereta api beberapa waktu lalu.

"Lha, wong saya tidur tidak sengaja saja jadi viral, jadi saya pengin destinasi wisata Jawa Tengah juga viral," papar Ganjar, saat menjadi pembicara Diskusi Sport Tourism Potensi Pariwisata Jawa Tengah di Hotel Puri Asri, Kota Magelang, Selasa (15/11/2016).

Baca juga: Foto Ganjar Pranowo Tidur di Lorong Kereta Api Jadi Viral

Ganjar teringat saat masih gemar menggelandang awal tahun 2000 silam. Saat itu, dirinya masih pakai koran sebagai alas tidur di kereta api. Namun ketika itu tidak pernah dipersoalkan.

"Paling 'digajol' kaki saya sama petugas. Tapi sekarang tidur saya dipersoalkan, katanya saya salah, ha mbok digugah (dibangunkan). Katanya saya pencitraan, wong ngiler kok pencitraan," kelakar dia.

Menurut Ganjar, suatu hal menjadi viral berkat teknologi informasi yang berkembang pesat di masyarakat saat ini. Maka, pelaku wisata pun bisa memanfaatkan teknologi untuk menjadikan tempat-tempat wisata di daerahnya viral agar semakin banyak wisatawan yang datang.

"Keberadaan gadget maupun smartphone ini sangat membantu dalam mempromosikan lokasi wisata yang ada. Kami minta semua pihak bisa memanfaatkan teknologi komunikasi secara optimal," ungkapnya.

Ganjar menyebutkan, hingga Desember 2016, masih akan ada 175 acara pariwisata yang akan digelar di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Acara tersebut meliputi budaya, kuliner, religi, hingga olahraga (sport tourism).

"Sekarang banyak yang berwisata religi. Jawa Tengah punya banyak masjid bersejarah, ada Masjid Demak, Masjid Kudus, Masjid Agung Jawa Tengah. Paling penting adalah perawatannya," papar Ganjar.

Potensi wisata lainnya, lanjut Ganjar, adalah sport tourism yang sangat potensial mendatangkan wisatawan. Sport tourism saat ini mulai dikembangkan di sejumlah daerah, seperti di Magelang dengan Borobudur Marathon, kemudian di Semarang ada Trabas, Wonogiri dan Cilacap dengan Triaton.

Dia menegaskan, negara akan hadir memfasilitasi dan mendorong daerah-daerah yang mempunyai potensi wisata tersebut, seperti memperbaiki insfrastruktur serta menyiapkan event organizer (EO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com