Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Orang Berebut Menangkap Lele

Kompas.com - 14/11/2016, 06:38 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK,KOMPAS.com - Ratusan warga Desa Jatiprahu kecamatan Sumberingin kabupaten Trenggalek Jawa Timur, Minggu (13/11/2016), berlomba menangkap ikan lele dengan tangan kosong. Sebelumnya, sekitar satu ton lebih ikan lele disebar untuk diperebutkan warga.

“Selain di kubangan lahan kosong ini, ikan lele juga di sebar di selokan wilayah Desa Jatiprahu sepanjang 2 kilometer,” ujar salah seorang panitia Yusuf Ashari.

Musim penghujan yang melanda wilayah kabupaten Trenggalek Jawa Timur,mengakibatkan sejumlah lahan kosong menjadi kubangan air. Memanfaatkan kondisi seperti ini, warga desa Jatiprahu menggelar kegiatan bertajuk Festival Lele 2016.

Anak-anak hingga orangtua berlomba menangkap ikan lele yang disebar di petak kubangan air yang berada di desa Jatiprahu Kecamatan Sumberingin kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Beberapa ibu-ibu tampak turut masuk dalam kubangan air bercampur lumpur untuk menangkap ikan lele dengan tangan.

Saat melihat ikan lele yang berenang dipermukaan, warga spontan berebut menangkap lele tersebut.

“Meski air bercampur lumpur,warga Jatiprahu sangat antusias sekali. Dengan riang mereka rela berjibaku dengan warga lain. Tidak terlihat wajah marah atau kecewa ketika kalah berebut ikan,” kata Yusuf.

Butuh keahlian khusus untuk bisa menangkap ikan lele dengan tangan kosong.

“Karena seluruh bagian ikan licin,dan bersirip tajam. Kalau sampai salah menangkap, bisa terluka akibat terkena sirip ikan lele," ujar Kabul, warga.

Warga yang paling banyak berhasil menangkap ikan lele, akan mendapatkan hadiah dari panitia.

“Kegiatan ini rencananya akan diadakan setiap tahun,untuk mempererat silaturahmi serta menjalin rasa gotong royong antar sesama warga,”  sebut Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com