Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Minta TNI Ikut Kembangkan Wisata Pantai Teluk Penyu

Kompas.com - 11/11/2016, 13:12 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta TNI untuk ikut mengembangkan kawasan wisata di Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap.

TNI sebagai pemilik tanah bisa ikut serta mengembangkan destinasi dengan menggandeng pihak swasta.

"Tanah di Pantai Teluk Penyu milik TNI agar dikerjasamakan dengan swasta, dikelola yang baik agar menjadi spot pariwisata," kata Ganjar di sela mengunjungi Kodim 0703 Cilacap, Jumat (11/11/2016).

Penataan kawasan wisata pantai diperlukan agar menarik orang untuk mengunjungi. Ia menuturkan, jika ada satu spot saja menarik maka didatangi para wisatawan. Penataan wisata juga mudah menggairahkan perekonomian sekitar. Hal demikian merujuk pada pesatnya pertumbuhan ekonomi karena wisata.

"Jateng secara keseluruhan meski ekonomi lemah, tapi pariwisata tetap tumbuh 14 persen, naik menjadi 35 juta," kata dia.

"Ternyata orang yang stres, galau, obatnya wisata," kata dia lagi.

Kamis (10/11/2016) kemarin kerja bakti resik-resik pantai digelar di Pantai Teluk Penyu. Kerja bakti melibatkan ratusan pelajar untuk membersihkan bibit pantai dari sampah.

Secara umum, kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di berbagai destinasi wisata di Jawa Tengah baru mencapai 11,79 juta orang pada bulan Mei 2016 lalu.

Target kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yaitu 33 juta untuk turis domestik, sementara turis mancanegara 425.000.

“Saat ini (sampai Mei) yang datang ke Jateng baru 11,6 juta domestik dan 191.000 wisatawan asing. Tapi ini kan masih panjang, masih optimis sesuai target,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Aribowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com