Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tanker Tabrak Kapal Nelayan, Satu ABK Hilang

Kompas.com - 10/11/2016, 19:37 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Tabrakan terjadi antara kapal tanker MT Victory Prima dengan kapal nelayan KM Jaya II GT di perairan Belawan, Medan, pada Rabu (9/11/2016) malam. Akibatnya, kapal nelayan tenggelam dan satu anak buah kapal (ABK) hilang sampai sampai hari ini.  

Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tampangan melalui Kepala Dinas Penerangan Lantamal I, Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga mengatakan, kejadian bermula saat kapal MT Victory Prima lepas jangkar hendak berangkat dari Pelabuhan Belawan menuju Dumai.

"Saat yang sama, kapal nelayan melintas. Melihat kapal MT Victory Prima, kapal nelayan sempat memotong haluan. Tapi karena jaraknya terlalu dekat tabrakan tak bisa dihindarkan lagi," kata Sahala, Kamis (10/11/2016) petang.

Haluan sebelah kanan kapal MT Victory Prima menabrak kapal nelayan. Akibatnya, kapal berukuran lebih kecil itu pecah dan tenggelam.

Perwira kapal memerintahkan untuk membunyikan alarm dan manuver balik untuk menolong awak kapal. Tiga orang berhasil diselamatkan yaitu, nahkoda Sofyan (48), Manurung (40) dan Wan Khairuddin (40). Sementara satu korban yang masih dalam pencarian adalah Ishak (49).

"Korban yang selamat dipindahkan ke kapal KPLP beserta surat-surat penting milik kapal MT Victory," ucap Sahala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com