Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Lamongan Berharap "Full Day School" Dapat Segera Diterapkan

Kompas.com - 07/11/2016, 14:32 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Sistem full day school yang tengah digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diharapkan oleh Bupati Lamongan Fadeli dapat segera diterapkan.

Fadeli mendukung program tersebut lantaran dianggap selaras dengan kebijakannya untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter di Lamongan, Jawa Timur, melalui Program 1821, Lamongan Gemar Membaca, dan Lamongan Menghafal Al Quran.

“Untuk mendukung program full day school diterapkan, kami juga sedang menyiapkan sekolah rintisan menuju full day school,” ucap Fadeli, Senin (7/11/2016).

Pemkab Lamongan melakukan langkah konkret untuk mendukung sistem full day school jika nantinya program itu benar-benar akan diwujudkan oleh pemerintah. Salah satunya dengan mempersiapkan konsep tersebut dari sekolah tingkat dasar hingga lanjutan atas.

“Pola rintisan yang direncanakan di setiap kecamatan akan ditunjuk satu lembaga sekolah dasar (SD). Sedangkan untuk tingkat SMP ditunjuk 10 lembaga SMPN sebagai rintisan, dan di tingkat SMA ditunjuk tiga lembaga SMAN rintisan,” terangnya.

Mendikbud Muhadjir Effendy sebelumnya sempat menyatakan bakal menggagas full day school mulai dari pendidikan SD hingga SMA, baik negeri maupun swasta. Alasannya, supaya anak tidak sendiri di rumah ketika orangtua mereka masih bekerja.

Gagasan itu juga demi membangun karakter siswa nantinya.

“Kami setuju dengan konsep itu. Karena kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah sampai dijemput orangtuanya seusai jam kerja. Selain itu, anak-anak bisa pulang bersama-sama orangtua mereka, sehingga ketika berada di rumah mereka tetap berada dalam pengawasan orangtua,” beber Fadeli.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 500 Sekolah Jadi Percontohan "Full Day School"

Hanya saja, sampai saat ini, pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud masih terus menyosialisasikan penerapan sistem full day school di sekolah-sekolah, dari mulai tingkat pusat hingga daerah.

Belum jelas kapan sistem full day school bakal diterapkan untuk sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Di mana beberapa waktu lalu, Mendikbud juga sudah sempat mengatakan, jika bakal ada sebanyak 500 sekolah di Indonesia, yang bakal dijadikan sekolah percontohan untuk penerapan sistem full day school mulai dari tingkat SD, SMP, dan juga SMA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com