Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Jalanan di Kendal Dapat Bantuan Kambing Betina

Kompas.com - 07/11/2016, 12:06 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak 40 anak jalanan di Kendal mendapat bantuan kambing betina dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Senin (7/11/2016).

Bantuan kambing diberikan di Dusun Bali, Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan. Tujuan pemberian bantuan itu supaya anak jalanan bisa mandiri dan tidak lagi turun ke jalan.

Kasi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kendal, Sukamto menjelaskan, jumlah anak jalanan di Kabupaten Kendal sebanyak 800 orang. Mereka tersebar di 20 kecamatan.

“40 anak jalanan yang mendapat bantuan itu, berasal dari Kaliwungu Selatan,” kata Sukamto.

Sukamto mengaku, bantuan berdasarkan permintaan dari masing-masing daerah. Tahun ini, yang diajukan adalah kambing. Hal ini dimungkinkan karena wilayah Kaiwungu Selatan adalah daerah pertanian dan peternakan.

“Tahun kemarin, bantuannya berupa sembako,” ujarnya.

Salah satu staf Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Sulistianto, yang hadi dalam penyerahan bantuan tersebut mengatakan, bantuan tersebut berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah.

Tahun ini, kata Sukamto, anak jalanan yang mendapat bantuan ada sekitar 600 orang. Mereka tersebar di 15 kaupaten/kota. Bantuan disesuikan dengan permintaan.

“Di Kendal, yang diminta adalah bantuan kambing,” kata Sulis.

Menurut Sulis, anak jalanan yang mendapat bantuan berusia sekitar 14-18 tahun. Ia berharap, bantuan itu bisa dimanfaatkan oleh anak jalanan.

“Kalau dirawat dengan benar, kambing betina itu bisa berkembang biak,” tambahnya.

Sulis juga berharap, setelah mendapat bantuan kambing, anak jalanan di Kendal tidak lagi turun ke jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com