Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Aktor Politik di Demo 4 November, Setnov Dukung Jokowi

Kompas.com - 05/11/2016, 22:44 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto (Setnov), mendukung pernyataan Presiden Jokowi soal adanya aktor politik yang menunggangi aksi massa pada Jumat (4/11/2016) kemarin.

"Apa yang dikatakan presiden tentu sudah melalui evaluasi dan didukung data-data yang akurat dari aparat yang bertugas," katanya di Surabaya usai mengunjungi masyarakat pemulung di Tempat Pembuangan Akhir, Kecamatan Benowo, Sabtu (5/11/2016).

Fakta itu, kata Setnov, seharusnya menjadi evaluasi seluruh elemen bangsa dalam konteks negara NKRI yang demokrasi, heterogen, dan multikultural.

"Ini menjadi pembelajaran bagi bangsa Indonesia," sebutnya.

Dia mengapresiasi seluruh eleman yang menggelar aksi damai sejak siang hingga senja hari kemarin, karena melangsungkan demonstrasi dengan damai tanpa anarkis.

"Partai Golkar berterima kasih kepada ulama, santri, dan seluruh pengunjuk rasa yang menyampaikan aspirasi secara tertib," ucapnya.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo menuding kerusuhan yang terjadi di Jakarta pada Jumat (4/11/2016) malam didalangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

"Kita menyesalkan kejadian ba'da Isya yang harusnya sudah bubar tapi menjadi rusuh. Dan ini sudah ditunggangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," kata Jokowi dalam jumpa pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka, dini hari tadi. 

Baca: Jokowi: Kerusuhan Usai Demo 4 November Ditunggangi Aktor Politik

Kompas TV Jokowi: Rusuh Aksi 4 November Ditunggangi Aktor Politik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com