Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertimbun Longsor, Jalan ke Geopark Ciletuh Sudah Bisa Dilalui

Kompas.com - 05/11/2016, 16:25 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Jalan di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu kini dapat dilalui setelah sempat tertimbun material longsor di wilayah Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.

Longsor itu terjadi di empat lokasi di Blok Cipeucang, Desa Mekarsakti, akibat hujan deras di wilayah Ciemas, Jumat (4/11/2016) siang. Akibatnya, akses transportasi menuju ke sejumlah desa dan obyek wisata sempat terhambat.

Camat Ciemas Agung Budiman mengatakan, setelah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencama Daerah dan Dinas Bina Marga setempat, maka dilakukan pembersihan pada areal longsor.

"Sejak semalam, jalan yang tertimbun langsung dibersihkan dengan alat berat dan sekarang alhamdulillah sudah selesai," ujar Agung saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/11/2016).

Menurut Agung, longsor itu terjadi di lokasi jalan yang bagian pinggirnya terdapat tebing tanah cukup tinggi. Material longsor berupa tanah yang tergerus longsor.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan cedera dalam bencana ini," kata dia.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo mengatakan, longsor terjadi di empat ruas Jalan Cipeucang menuju Ciwaru.

Material longsor dibersihkan dengan kendaraan alat berat dan mobil pemadam kebakaran.

(Baca juga Kantor Kecamatan di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi Ambruk)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com