Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Ingin Jateng Jadi Provinsi Percontohan Bebas Pungli

Kompas.com - 26/10/2016, 19:02 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengukuhkan Budi Prabowo sebagai pelaksana tugas (Plt) Bupati Brebes di Komplek Gubernuran, Kota Semarang, Rabu (26/10/2016).

Budi Prabowo yang sebelumnya menjabat asisten 3 Setda Jateng akan mengemban tugas Bupati Brebes selama 4 bulan setelah Idza Priyanti sebagai petahana maju bertarung pada pilkada serentak 15 Februari 2017.

Saat pengukuhan, Ganjar menekankan kepada Plt bupati agar menjaga kondusivitas selama masa menjabat. Gubernur juga menginginkan plt ikut serta dalam gerakan bersih-bersih dari pungutan liar (pungli) yang dilaksanakan secara menyeluruh.

"Jawa Tengah harus menjadi contoh dalam Gerakan Bersih Pungli di Indonesia. Termasuk, Plt juga bisa bersama sama mengerjakannya," kata Ganjar.

Baca juga: Wali Kota Magelang Komentari Aksi Pungli Petugas Samsat

Terkait kondisi Brebes, Ganjar mengajak Plt bupati untuk menyentuh seluruh wilayah Brebes yang luas dan unik. Semua harus disambangi demi kesejahteraan masyarakat Brebes.

"Infrastruktur masih menjadi garapan yang belum rampung meskipun sudah mulai membaik dan kematian bayi dan ibu melahirkan juga perlu mendapatkan perhatian yang serius dari Plt," tambahnya.

Idza Priyanti dalam sambutannya menginginkan Budi Wibowo selaku Plt agar bisa kerja sama dengan jajaran eksekutif dan legislatif untuk menyelesaikan program hingga mencapai 100 persen.

Selaku Bupati, Idza juga masih memiliki program yang harus dilanjutkan hingga 4 Desember 2017. Dalam kesempatan tersebut juga dikukuhkan Plt Bupati Jepara Ikhwan Sudrajat untuk melakanakan tugas Bupati Marzuki.

Kompas TV Pramono Anung: Kader Harus Jauhi Pungli Politik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com