Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modul PLTS Dicuri, Warga Desa Ini Tak Bisa Lagi Nikmati Listrik

Kompas.com - 26/10/2016, 07:39 WIB
Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA,KOMPAS.com - Miris, bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) senilai Rp 3 miliar yang dikucurkan oleh Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM)

Warga Desa Kulu Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Sulawesi Barat, sejak September lalu tidak bisa menikmati listrik. Pasalnya modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berfungsi sebagai penampung dan pengantar arus listrik dari PLTS ke rumah-rumah penduduk tersebut ada hilang dicuri orang.

Kepala Desa Kulu Acho saat dikonfirmasi di kediamannya mengatakan, modul di PLTS bantuan Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) tersebut hilang pada Kamis malam (29/9/2016) lalu.

"Modul yang hilang ini ada lima, dan saya sudah melaporkan ke Babinkantibmas Desa Kulu tentang kejadian ini, setelah saya mengetahuinya pada keesokan harinya," tutur Acho.

Setelah dilaporkan, beberapa orang personel polisi dari Polsek Baras langsung mendatangi PLTS untuk melakukan olah TKP.

Namun hingga kini, sebut Acho, pihaknyabelum mendapatkan informasi mengenai perkembangan dari hasil penyilidikan dari pihak ke polisian.

"PLTS ini sempat kami nikmati hampir tiga tahun, semenjak tahun 2013 sampai hilangnya modul pada bulan sembilan kemarin. Kami berharap pihak kepolisian bisa lebih cepat mengungkap kasus ini agar diketahui siapa pelakunya," ujar dia.

Selain itu Acho.N juga berharap, bantuan serta perhatian dari Pemkab Matra, untuk memperbaiki kembali PLTS di Desanya tersebut, karena anggaran Dana Desa yang dikelolanya tidak mencukupi untuk membeli peralatan yang hilang serta memperbaiki kabel yang telah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com