Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN: Kebakaran Gardu Listrik di Kuta Dipicu Kelebihan Beban

Kompas.com - 25/10/2016, 17:54 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Deputi Manager Komunikasi PLN Distribusi Bali, Gusti Ketut Putra, mengatakan, suara ledakan berasal dari kebakaran gardu listrik di kawasan pertokoan Kuta Square di Jalan Tegalwangi, Selasa (25/10/2016) pagi.

"Gangguan gardu di Kuta disebabkan kelebihan beban yang memicu kebakaran. Kejadiannya pukul 10.03 Wita," katanya, Selasa (25/10/2016).

Gusti juga menyampaikan, kejadian bermula dari terbakarnya Low Votage (LV) Board di depan gardu pertokoan kawasan Kuta Square. Pada saat bersamaan, LV Board di KA 4 di Jalan Tegalwangi Kuta juga terbakar karena kedua LV Board tersebut merupakan satu rangkaian dari trafo yang sama.

"Kebakaran LV Board tersebut disebabkan oleh tingginya beban melebihi kapasitas kabel san peralatan LV Board tersebut sehingga terjadi panas yang tinggi pada LV Board yang pada akhirnya membuat peralatan di dalam LV Board terbakar," ungkapnya.

"Dari kebakaran tersebut mengakibatkan beberapa urat kabel putus dan memukul bola LV Board sehingga terkesan seperti suara ledakan," tambahnya.

Atas kejadian ini, 10 pelanggan dengan total daya 65 KW terpaksa dipadamkan listriknya. PLN meminta maaf kepada pihak yang terganggu kenyamanannya.

PLN, lanjutnya, akan berupaya meningkatkan pelayanan dengan ke depannya dan koordinasi dengan pihak pengelola kawasan agar diberikan tempat atau ruang untuk pemasangan panel dan gardu pembagi di beberapa titik di Kuta Square untuk memecah beban listrik di daerah Kuta Square.

(Baca juga:Ledakan di Kuta Bersumber dari Gardu Listrik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com