Divonis 15 Tahun, Kakek Paedofil Ragu Bisa Bertahan Hidup Selama Itu - Kompas.com

Divonis 15 Tahun, Kakek Paedofil Ragu Bisa Bertahan Hidup Selama Itu

Kontributor Denpasar, Sri Lestari
Kompas.com - 25/10/2016, 17:52 WIB
KOMPAS.com/SRI LESTARI Terdakwa Robert Andrew Fiddes Ellis(kaos putih), saat sidang putusan di PN Denpasar, Selasa(25/10/2016)

DENPASAR, KOMPAS.com - Pelaku paedofil asal Australia, Robert Andrew Fiddes Ellis (70) divonis 15 tahun penjara dan denda Rp 2 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Terdakwa terbukti bersalah mencabuli 11 bocah perempuan dengan mengiming-imingi hadiah berupa barang dan uang.

Sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Denpasar ini disambut dengan kesedihan si kakek yang bertubuh rentang dan terlihat lesu di setiap persidangan.

Sejak keluar ruangan, Robert tidak bersedia berkomentar. Namun setelah berada di ruang tunggu tahanan, dia memberikan keterangan sedikit.

"Saya sekarang umur 70 tahun. Itu artinya (bebas) akan berumur 85 tahun. Saya tidak tahu, apakah saya bertahan hidup selama itu?" kata terdakwa Robert seusai sidang vonis di Denpasar, Bali, Selasa (25/10/2016).

Baca juga: Kakek Paedofil Asal Australia Divonis 15 Tahun Penjara

Putusan majelis hakim ini lebih ringan satu tahun dari tuntutan jaksa yang menuntut Robert 16 tahun penjara.

Atas putusan itu, jaksa menyatakan akan pikir-pikir, sementara kuasa hukum terdakwa langsung mengatakan banding.

Ada beberapa pertimbangan majelis hakim menjatuhkan vonis sesuai yang dibacakan oleh hakim Wayan Sukanila.

"Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa bisa merusak masa depan dari korban yang merupakan aset bangsa kemudian hari. Perbuatan terdakwa bisa merusak citra pariwisata Indonesia yang berdampak pada menurunnya devisa," kata Wayan Sukanila.

"Yang meringankan, terdakwa mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi, dan terdakwa belum pernah dihukum," ujar hakim.

Putusan hakim ini sesuai pasal tuntutan jaksa yaitu pasal 76E, junto pasal 82 ayat (1) UU RI No 35/2014 tentang perubahan atas UU RI No 23/2002 tentang perlindungan anak junto pasal 65 ayat (1) KUHP.

PenulisKontributor Denpasar, Sri Lestari
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM