Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Memangsa Warga, Ular Piton 10 Meter Akhirnya Ditangkap dan Dibunuh

Kompas.com - 25/10/2016, 11:11 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR,KOMPAS.com — Setelah "malang melintang" memangsa ternak peliharaan seperti ayam dan kambing milik warga Desa Bettangga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, seekor ular piton sepanjang 10 meter lebih akhirnya ditangkap warga, Selasa (25/10/2016).

Haryono, salah seorang warga yang ikut menangkap ular piton ini, menyebutkan, peristiwa tersebut berawal saat dia tengah melintas di kebun mendengar suara meminta tolong yang tak lain seorang warga yang tengah memancing di sekitar tambak dan sungai.

Korban sempat mengalami luka-luka setelah terjatuh akibat ketakutan dan dikejar ular tersebut.

"Mulanya, saya kaget mendengar teriakan histeris warga minta tolong. Setelah saya mendatangi lokasi, ternyata ada ular piton yang sedang memburu warga. Beruntung, sejumlah warga lain turun tangan hingga akhirnya berhasil menangkap ular ini secara beramai-ramai," ujar dia.

Ular piton ini sudah lama menjadi incaran warga lantaran sering memangsa ternak milik warga. Namun, ular ini sering lolos dan bersembunyi ke dalam lubang hingga luput dari kejaran warga.

Namun, kali ini, warga berhasil menangkapnya setelah sejumlah warga yang sedang memancing di sekitar lokasi beramai-ramai memburu ular piton ini.

Belasan warga mengepung ular piton tersebut di sekitar rawa dan tambak ikan milik warga. Butuh waktu lebih dari satu jam untuk menangkap ular piton seberat lebih dari 300 kilogram ini.

Setelah tak berdaya, ular tersebut ditarik warga secara beramai-ramai dari rawa-rawa ke daratan. Delapan orang dewasa bersusah payah untuk mengangkut ular itu.

Karena khawatir ular ini memangsa manusia, terutama anak-anak, warga memilih membunuh ular piton raksasa ini dengan memukul dan mengikat lehernya dengan seutas tali.

Warga beralasan lebih baik membunuh ular piton yang mereka temukan berkeliaran di sekitar permukiman warga. Selain itu, belum ada tempat penangkaran ular di daerah tersebut.

Warga memperkirakan kawanan ular piton seperti ini masih banyak berkeliaran di sekitar pemukiman warga.

Tertangkapnya ular piton ini adalah yang kesekian kalinya sejak setahun terakhir. Beberapa bulan sebelumnya, ular piton sepanjang lebih dari 9 meter juga ditangkap warga saat sedang memangsa ternak kambing milik warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com