Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima "Petuah" Alex Noerdin untuk Belitung

Kompas.com - 23/10/2016, 10:46 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin memuji Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel), karena memiliki sumber daya berupa pantai dan pasir putih yang indah.

Saat mengunjungi pameran potensi daerah Festival Belitung 2016 dan menyusuri pantai Tanjung Kelayang, Sabtu (22/10/2016), dia mengatakan iri dengan Belitung.

"Sumsel tak punya pantai yang cantik seperti ini. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung harus menjaga dan mengelola sumber daya ini dengan maksimal," ujar Alex kepada Kompas.com.

Dia kemudian memberikan "petuah" agar Belitung sukses dan menjadi destinasi para investor sekaligus diburu para wisatawan mancanegara.

Petuah pertama, kata Alex, adalah keamanan. Hal ini merupakan yang utama harus disiapkan Pemkab Belitung.

"Keamanan dalam arti luas. Keamanan investasi yang menyangkut kepastian bisnis dan keamanan menjaga para wisatawan dari tindak dan aksi kriminal," urai Alex.

Yang kedua adalah aksesibilitas dan jaringan transportasi yang memudahkan pengunjung mendatangi tempat-tempat wisata, pusat bisnis, pusat kuliner, dan lain-lain.

Jaringan infrastruktur jalan dan transportasi ini harus terintegrasi. Pengunjung dan pebisnis harus dimudahkan.

"Ketika tiba di Bandara HAS Hanandjoeddin, jangan sampai sedetik pun mereka kesulitan mencari kendaraan," sebut Alex.

Petuah ketiga, perbanyak atraski wisata yang menggambarkan ciri khas Belitung. Kelokalan harus dipertahankan, meskipun hal-hal modern perlu juga diadopsi.

Hal-hal modern ini, sambung Alex, bisa berupa koneksi internet, atau aplikasi-aplikasi informatif yang bisa dimanfaatkan saat pendatang berkunjung ke Belitung.

Keempat, Pemkab Belitung harus membangun fasilitas publik yang sangat mudah ditemui. Misalnya, toilet publik, perpustakaan publik, taman publik, dan lain sebagainya.

Terakhir, dari segi promosi perkotaan. Penyelenggaraan berbagai macam festival harus dikemas semenarik mungkin.

Pengunjung dari seluruh Indonesia punya ekspektasi tinggi terhadap Belitung karena salah satu kawasannya telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 6 Tahun 2016.

"Jadi, festival apa pun yang digelar, harus disertai atraksi budaya. Jangan pameran barang yang bisa didapatkan di Jakarta atau tempat lain. Kembali lagi, angkat kelokalan," tandas Alex.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com