Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Belitung 2016 Resmi Dibuka

Kompas.com - 22/10/2016, 10:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Festival Belitung 2016 yang merupakan bagian dari rangkaian acara Sail Karimata 2016, secara resmi dibuka pada Sabtu (22/10/2016). 

Seremoni secara simbolis dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi didampingi Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Safri Burhanuddin dan Bupati Belitung Sahani Saleh. 

Menurut Safri, Belitung merupakan kawasan pariwisata strategis nasional yang ditetapkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 6 Tahun 2016.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah dan masyarakat Belitung harus bisa memanfaatkannya untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata.

"Banyak cara untuk merealisasikan Belitung menjadi destinasi wisata yaitu meningkatkan jumlah destinasi wisata, jumlah event wisata dan memperbaiki infrastruktur ke arah destinasi wisata," papar Safri.

Safri melanjutkan, Belitung punya banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti Festival Laskar Pelangi, Lomba Mancing, Festival Kuliner, Festival Tanaman Khusus, dan event lain yang bisa digelar sendiri.

Dukungan Pusat

Safri menyatakan Kementerian Koordinator Bidang Maritim akan melakukan rapat khusus dengan Kementerian Pariwisata agar membantu mempromosikan Belitung.

"Kami menargetkan event daerah Belitung bisa jadi event nasional, bahkan dunia. Hal ini harus diagendakan jauh hari agar mampu menarik investor dunia," tambah Safri.

Dengan demikian, jika itu terlaksana dapat berdampak terhadap pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

"Pertumbuhannya bisa menjadi Rp 2 triliun dari sebelumnya hanya Rp 1,2 triliun," tandas Safri.

Fetival Belitung 2016 sendiri digelar hingga tanggal 25 Oktober 2016. Selain atraksi budaya dan tarian tradisional, juga terdapat pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM), bidang properti dan lain-lain yang diikuti sejumlah perusahaan dan instansi pemerintah provinsi dan kabupaten.

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com