Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upacara, Para Santri Nyatakan Deklarasi Anti-narkoba Sambil Pakai Bakiak

Kompas.com - 22/10/2016, 09:17 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Ribuan santri di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mendeklarasikan perang terhadap narkoba dan terorisme sambil menggunakan alas kaki berupa bakiak.

Deklarasi itu dibacakan saat upacara dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Lembaga Pendidikan Perjuangan Islam Bustanul Ulum (IBU) Kecamatan Pakusari, Sabtu (22/10/2016).

"Kami sengaja menggunakan bakiak, kata orang sini paccak, karena dulu santri alas kakinya ya pakai ini," ungkap Ketua Lembaga Pendidikan IBU, Mohammad Hafidi.

Dalam deklarasinya, ribuan santri tersebut menyatakan perang terhadap narkoba dan gerakan terorisme serta radikalisme.

"Kami santri berikrar, menyatakan perang terhadap narkoba, dan ancaman terorisme serta radikalisme yang akhir-akhir ini merongrong kedaulatan NKRI," kata Mohammad Irfan, salah satu santri.

Dalam upacara tersebut, bertindak selaku komandan upacara Wakil Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, Miftahul Ulum, dan Inspektur Upacara Ketua PCNU Jember, Abdullah Syamsul Arifin.

"Baru sekarang ini saya upacara pakai bakiak, apalagi pertama kali jadi komandan upacara, bahkan tadi sempat lupa tidak menyiapkan pasukan," tutur Ulum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com