Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5 Magnitudo Guncang Timor Tengah Utara, NTT

Kompas.com - 21/10/2016, 06:21 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Gempa bumi 5 magnitudo mengguncang Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (21/10/2016) pagi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Hasanudin kepada Kompas.com mengatakan, gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 4.50 Wita.

"Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi dengan kekuatan 5 magnitudo dengan episenter terletak pada koordinat 9.17 derajat Lintang Selatan dan 123.96 derajat Bujut Timur, pada kedalaman 84 kilometer. Pusat gempa terletak 77 kilometer Barat Laut Kabupaten TTU," jelasnya.

Menurut Hasanudin, berdasarkan peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Kefamenanu, dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau (I-II MMI).

Di daerah ini, guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang.

Terkait peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi dan hingga laporan ini disusun pada pukul 05.30 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat pun diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir Utara Kabupaten TTU diminta agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com