Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Penderita Hidrosefalus di Poso Dirawat di Rumah karena Tak Punya Biaya

Kompas.com - 16/10/2016, 16:13 WIB
Mansur

Penulis

POSO KOMPAS.COM - Stefanus Moreto, bayi berusia 1 tahun 10 bulan yang menderita hidrosefalus, terpaksa menjalani perawatan di rumah akibat keterbatasan biaya.

Anak kedua dari pasangan Jemris Mareto (31) dan Isnawari Gogali (30) ini mengidap hidrosefalus sejak lahir pada 2 Desember 2014.

Kompas.com mendatangi kediaman Stefanus, di Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan pada Minggu (16/10/2016).

Dari dalam sebuah kamar kecil yang berdinding papan dan beratap daun rumbiah, Stefanus terusmenangis menahan rasa sakit dengan kepala yang membesar.

Dalam keterangannya kepada sejumlah media, Isnawari menjelaskan, Stefanus dilahirkan dengan operasi caesar. Itu lantaran saat masih di dalam perut, dokter sudah mendiagnosis Stefanus menderita hidrosefalus, penyakit yang menyerang otak.

Pasca-kelahiran, Stefanus dianjurkan untuk mendapat perawatan lebih lanjut di puskesmas atau rumah sait. Namun, karena tak punya biaya, Stefanus dirawat Jemris dan Isnawari di rumahnya, tanpa pengetahuan medis yang memadai. 

Kondisi Stefanus kian memprihatinkan. Seiring bertambahnya usia, lingkar kepala Stefanus terus membesar. Kini lingkar kepalanya berdiameter 90 sentimeter.

Sementara berat badan 16 kilogram, 10 kilogram di antaranya adalah berat kepala.

Stefanus kerap menangis, tak tahan dengan sakit kepala. Penyakitnya menekan ubun-ubun. Efek hidrosefalus juga merambat ke pernapasan dan pencernaan.

"Stefanus sulit bernapas dan menelan," kata Iswanari. 

Stefanus saat ini mengonsumsi bubur, selain ASI. Tak ada makanan dengan gizi seimbang untuk bayi yang diberikan kepada Stefanus. 

‘’Untuk sementara karena sudah mulai diliput media, sudah ada yang datang memberikan bantuan, namun masih sebatas untuk kebutuhan seperti selimut dan bantal, untuk yang berupa uang belum ada,’’ kata Iswanari.

Kedua orangtua Stefanus Mareto sangat berharap bantuan baik dari Pemerintah Kabupaten Poso maupun warga. Mereka ingin Stefanus berobat ke rumah sakit yang memiliki fasilitas dan mampu menangani bayi yang menderita hidrosefalus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com