Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.808 Keluarga di Gunungsitoli Terima Bantuan Rp 14,6 Miliar

Kompas.com - 15/10/2016, 19:42 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan dana untuk warga Kota Gunungsitoli penerima Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga tahun 2016.

Penyerahan bantuan di halaman Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Sabtu (15/10/2016), dengan disaksikan Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa'a Laoli.

Khofifah mengatakan, total penerima dana program PKH di Kota Gunungsitoli saat ini 5.808 keluarga dengan bantuan sebesar Rp 14,6 miliar.

Pada awal November mendatang, jumlah penerima di Gunungsitoli akan bertambah 3.074 keluarga sehingga total penerima sebanyak 8.882 keluarga dengan total nilai bantuan sebesar Rp 17,14 miliar.

Menurut Khofifah, banyaknya penerima dana program PKH bukan berarti angka kemiskinan di Indonesia meningkat. Pemberian bantuan dana PKH semata-mata merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga negaranya.

Ia meminta para penerima bantuan menggunakan dana itu sebijak mungkin untuk pendidikan dan kesehatan keluarga.

"Nanti di Nias akan mendapatkan kartu seperti ini, yang bisa digunakan untuk menarik uang di ATM," kata Khofifah sambil memperlihatkan kartu PKH.

Sementara itu, Lakhomizaro mengatakan bahwa selain Program Keluarga Harapan dari Kementerian Sosial, Pemkot Gunungsitoli juga mengupayakan kesejahteraan masyarakat di antaranya dengan pemberian bibit ternak, ikan, dan padi. Demikian pula program kesehatan dan pendidikan bagi warga.

"Diharapkan program ini dapat memberikan harapan, apalagi Kota Gunungsitoli sangat diharapkan sebagai kota jasa, sesuai dengan visi misi aman, nyaman, dan berdaya saing," ujar Lakhomizaro.

Sementara itu, untuk Kabupaten Nias, bantuan dari Kemensos berupa dana Program Keluarga Harapan untuk 5.509 keluarga, bantuan disabilitas untuk 32 orang, bantuan beras sejahtera bagi 10.161 keluarga, dua unit kendaraan siaga bencana, dan bantuan paket pangan untuk 350 keluarga. Total nilai bantuan di Nias sebesar Rp 28,5 miliar.

Dalam tahap ketiga tahun ini, ada 5.509 keluarga penerima dana PKH di Nias. Awal November 2016, jumlahnya bertambah sebanyak 4.314 keluarga sehingga total menjadi 9.823 keluarga penerima dana PKH.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com