Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing Longsor, Jalur Singaparna-Garut Macet

Kompas.com - 14/10/2016, 18:38 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Jalur provinsi Singaparna-Garut yang menghubungkan Kabupaten Tasikmalaya dengan Garut macet akibat bencana longsor pada tanah tebing di Desa Tenjowaringin, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (14/10/2016).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kundang Sodikin mengatakan, longsoran tanah tebing di Kampung Cibuluh itu menimbun sebagian badan jalan.

"Mengakibatkan arus lalin (lalu lintas) macet total dari arah Singaparna dan arah Garut," kata Kundang.

Ia menuturkan bencana longsoran tebing di jalan provinsi itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB setelah sebelumnya diguruh hujan.

Sejumlah sukarelawan, BPBD, TNI/Porlri, kata dia, langsung menuju lokasi longsor untuk membersihkan material longsoran.

"Relawan, BPBD, TNI/Polri dan masyarakat membersihkan material longsoran sehingga pada pukul 15.30 WIB, lalin mulai kembali normal," katanya.

Jalur Singaparna-Garut di kawasan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya tercatat sebagai kawasan rawan bencana longsor. Di jalur provinsi yang dibatasi tebing dan jurang itu terdapat rambu-rambu peringatan rawan longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com