Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Selatan di Banyuwangi-Jember Dilanjutkan, Total Dana Rp 394 Miliar

Kompas.com - 11/10/2016, 08:30 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jalur lintas selatan yang menyambungkan Kabupaten Banyuwangi dan Jember di Jawa Timur akan segera digarap kembali pada 2017. Pembangunan jalan sepanjang 106 kilometer itu dianggarkan sebesar Rp 394 miliar.

Di Banyuwangi, jalur lintas selatan (JLS) akan melintasi Perkebunan Malangsari Kalibaru, Kendeng Lembu Glenmore, Genteng, Rogojampi, Srono, Singojuruh, Kabat, Banyuwangi, Giri, dan Kalipuro.

"Dengan adanya JLS ini, untuk masuk ke Banyuwangi tidak hanya mengandalkan jalur Gumitir karena kalau di jalur tersebut ada kecelakaan, truk mogok, atau longsor maka macetnya akan berjam-jam," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (10/10/2016).

Dari total 106 kilometer JLS di Banyuwangi, yang belum diselesaikan sekitar 24 kilometer. Di Kecamatan Glenmore, ada 14 kilometer jalan yang belum rampung agar bisa tersambung hingga Jember.

"Ada beberapa jalan juga yang masih belum standar jalan nasional di Rogojampi, tapi pembebasan lahan sudah dilakukan," kata Anas.

Kelanjutan pembangunan akan dilakukan tahun depan dan ditargetkan selesai pada 2018.

Dana pembangunannya berasal dari anggaran negara melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Pemkab Banyuwangi akan tetap mengawasi tata ruangnya, khususnya yang melintasi areal perkebunan di Kecamatan Glenmore.

"Biar tetap sejuk dan alami jika dilewati. Pemandangannya sangat indah. Jika ini jalur ini dibuka maka perekonomian Banyuwangi akan semakin cepat," ujar Anas.

Kepala Dinas PU, Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Banyuwangi Mujiono, Selasa (11/10/2016) mengatakan, saat ini masih ada 7,5 kilometer lahan yang masih belum dibebaskan untuk proyek tersebut. Jalan itu nantinya akan terdiri dari 16 jembatan.

"Ada 7 jembatan yang sudah ditangani dan 9 masih belum di garap," kata Mujiono.

JLS di Jawa Timur melintas sejumlah daerah dari Banyuwangi hingga Pacitan sepanjang lebih dari 670 kilometer. Jalur ini ditargetkan sudah bisa dioperasikan pada 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com