Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarang Lebah Dibakar Setelah Penghuninya Serang 16 Anak TK di Bogor

Kompas.com - 10/10/2016, 23:16 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Pengelola Kebun Raya Bogor membakar sarang lebah setelah lebah menyerang belasan anak taman kanak-kanak (TK), Minggu (9/10/2016).

Akibat serangan lebah itu, 16 anak TK dirawat di Rumah Sakit PMI. Hingga Senin pukul 14.00 WIB, 14 anak sudah membaik dan bisa pulang. Sedangkan dua lainnya masih dirawat sesuai permintaan orangtua mereka.

Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar, menjelaskan, setelah lebah menyerang anak, sarang hewan tersebut jatuh. Diduga karena tertiup angin kencang.

"Kemarin malam tim kita langsung terjun ke lapangan dan melihat lokasi, ternyata sarang sudah jatuh dan kita lihat di atas pohon itu sudah tidak ada lagi," jelas Upun dikutip TribunnewsBogor.com, Senin (10/10/2016).

Upin mengatakan, setelah jatuh, sarang tersebut pun dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Sekarang alhamdulillah sudah clear dan steril, jadi kita bakar koloninya agar mereka tidak datang lagi," ujar Upun.

Kronologi

Serangan lebah itu terjadi saat para siswa TK berkunjung ke Kebun Raya Bogor untuk mengikuti kegiatan pelatihan manasik haji.

Orangtua salah satu anak, Nisa (35), menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, yakni saat ia tengah menemani dua anak kembarnya, Rofik dan Rakik, tengah mengikuti latihan manasik haji di dalam KRB.

"Saya mau sewa tikar, pas saya lihat itu orang yang sewain tikar lagi diserang tawon. Jumlahnya banyak, dia juga teriak-teriak," kata Nisa kepada Tribun Bogor di RS PMI Bogor, Minggu (9/10/2016).

Saat menyelamatkan kedua anaknya dari serangan tawon, Nisa juga ikut disengat.

Untuk menyelamatkan anaknya, Nisa menutup wajah Rofik dan Rakik dengan jilbab yang dikenakannya, tetapi serangan tawon tidak berhenti.

"Terus itu tawon menyerang ke kami. Anak-anak semua kena disengat," lanjut Nisa.

Banyaknya tawon yang menyerang, kata Nisa, membuat puluhan anak-anak peserta pelatihan manasik haji langsung berhamburan menyelamatkan diri. Beberapa anak dan orangtua juga menjadi korban sengatan tawon.

"Tawonnya banyak, ada ratusan, malah kayaknya ribuan," tambah Nisa.

Para korban sengatan lebah terdiri dari orangtua dan anak-anak terlihat lemas dan hanya berbaring saat menjalani perawatan di RS PMI. Beberapa lainnya tampak shock.

Berita ini tayang di Tribunnews, Senin 10 Oktober 2016 dengan judul Sarang Lebah di Kebun Raya Bogor Dibakar dan Serangan Ribuan Tawon di Kebun Raya Bogor: Dua Orang Masih Dirawat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com